Translate - TERJEMAHAN BAHASA

Jumat, 24 Januari 2014

Cara Tips Memperbanyak ASI (AIR SUSU IBU )


Cara Tips Memperbanyak ASI

Bagi para ibu yang selesai melalui proses persalinan, tanggung jawab sebagai seorang ibu bertambah. Yaitu memberikan ASI (Air Susu Ibu). Bagi yang baru pertama kali melahirkan mungkin mendapat kesulitan dan masalah ketika harus memberikan ASI. Diantaranya yaitu mengapa AIR tidak keluar banyak. Ini yang banyak menjadi masalah bagi para ibu baru. Untuk itulah kita semuanya, khususnya adalah para ibu untuk mengetahui cara memperbanyak ASI untuk sang bayinya.

Ketika seorang ibu yang baru bersalin dan juga mempunyai bayi dan keinginan untuk bisa memberikan ASI-nya besar sedangkan dalam beberapa kenyataan yang ditemui di lapangan produksi air susu ibu (ASI) nya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Maka mengetahui tips memperbanyak ASI atau cara agar ASI keluar banyak atau pun tips agar ASI lancar keluarnya harus dimiliki dan dipahami dengan baik juga. Dan peranan tugas ibu dalam pemberian ASI juga berlanjut terus sampai dengan anak berumur 2 tahun. Ini yang disebut dengan pemberian ASI eksklusif.

Agar Produksi ASI Lancar Dan Banyak

Pengertian ASI eksklusif adalah pemberian Air Susu Ibu saja kepada bayi umur 0 – 6 bulan tanpa diberikan makanan atau minuman tambahan. Kecuali dalam kondisi tertentu sang bayi sakit dan membutuhkan obat sebagai terapi penyembuhan. Dan banyak manfaat asi eksklusif ini untuk kesehatan dan juga untuk proses tumbuh kembang sang bayi itu sendiri.

Lalu bagaimana cara agar produksi ASI banyak dan melimpah sehingga kebutuhan sang bayi akan air susu ibu ini akan terpenuhi dengan baik dan optimal yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayinya. ASI yang berlimpah tidak lepas dari dari kebutuhan gizi ibu hamil yang tercukupi dan terpenuhi dengan baik pula.

Berikut beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa para ibu lakukan :

Meningkatkan frekuensi menyusui.
Jadi bila kita temui bayi kita sudah merasakan kenyang karena minum air susu ibu, maka perahlah atau peras susu ibu (memompa). Banyak alat yang tersedia untuk memompa ASI ini yang dijual di apotik-apotik atau toko-toko perlengkapan bayi. Prinsip produksi ASI pada dasarnya based on demand sama halnya dengan prinsip pabrik. Jika makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka makin banyak ASI yg diproduksi oleh sang ibu.

Banyak konsumsi air putih.
Dengan para ibu yang menyusui banyak minum air putih akan sangat membantu dalam meningkatkan produksi ASI ibu. Ketika telah banyak ASI yang keluar dan ibi dihadapkan untuk kembali bekerja maka secara tidak langsung hal ini akan membuat para ibu menyusui untuk membeli botol susu yang akan digunakan sang bayi ketika sang ibu sudah mulai sibuk bekerja dan meninggalkan rumah serta sementara waktu menghentikan pola menyusui sang bayi.

Memenuhi kebutuhan gizi nutrisi ibu menyusui dengan baik.
Dengan terpenuhinya akan makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, serta daging susu untuk ibu menyusui maka akan berdampak positif bagi ibu dalam rangka memproduksi ASI yang banyak dan juga bisa menghasilkan ASI berlimpah dan lancar .

Pilihlah sayur-sayuran yang dapat mengentalkan ASI, atau pun buah-buahan yang sehat untuk ibu hamil dan juga menyusui. Hal ini penting dan bermanfaat dalam hal proses pembuatan ASI menjadi baik dan menyehatkan untuk bayi. Dengan demikian, bayi akan merasa kenyang, dan ini berpengaruh terhadap kualitas tidur bayi sehingga tidurnya pun bisa lelap nyenyak.

Menghindari penggunaan susu formula.
Pada sebagian para ibu yang menyusui setelah mengalami produksi asi sedikit biasanya akan beralih ke pemberian susu formula. Justru dengan pemberian susu formula ini akan menyebabkan produksi ASI semakin tidak lancar. Anak akan menjadi relatif malas menyusu atau bahkan mengalami bingung puting terutama pemberian susu formula dengan memakai dot.

Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya sudah merasa kenyang. Sehingga volume ASI akan makin berkurang. Makin sering susu formula diberikan maka makin sedikit ASI yang akan diproduksi.

Melakukan perawatan payudara.
Perawatan payudara ini sebaiknya juga dilakukan ketika saat hamil tua. Karena perawatan payudara pada kehamilan adalah salah satu upaya kiat agar ASI banyak dalam rangka mempersiapkan menyusui. Setelah melakukan payudara saat hamil maka hal ini diteruskan pula ketika mulai menyusui.

Kondisi Psikologi ibu manyusui yang baik.
Artinya adalah dalam memberikan ASI juga membutuhkan kondisi psikis yang rileks dan siap untuk menyusui. Bila pada awal hamil sang ibu tidak berniat menyusui bayinya saat lahir maka hal ini akan berpengaruh terdapat pengeluaran dan produksi ASI pada saat tiba waktunya untuk menyusui sang bayinya.

Keadaan kondisi psikologis ibu menyusui sangat menentukan angka keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Menurut hasil sebuah penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu menyusui itu sendiri. Dukungan keluarga, terutama sang suami atau ayah dalam keberhasilan menyusui adalah sangat dibutuhkan.

Demikian beberapa langkah dan cara agar produksi ASI banyak dan lancar yang bisa ibu-ibu menyusui praktekkan bila mengalami kesulitan pada pengeluaran ASI nya yang tidak banyak. Dan semoga cara tips memperbanyak ASI bagi para ibu menyusui ini bisa memberikan manfaat.

Satu hal lagi bahwasannya peluang dan kesempatan dalam memberikan ASI pada hari-hari awal kehidupan bayi ketika baru dilahirkan juga bisa ditingkatkan dengan proses inisiasi menyusu dini(IMD). Pada proses tahapan ini bayi dibiarkan mencari puting susu ibu sendiri. Ibu dapat merangsang bayi dengan sentuhan lembut.

Jika perlu, ibu boleh mendekatkan bayi pada puting. Sentuhan itu juga merangsang hormon lain yang membuat ibu jadi tenang, relaks dan mencintai bayi, serta merangsang pengaliran ASI dari payudara dan hal ini bisa memperlancar pengeluaran ASI pula.

2 komentar:

  1. Good info.
    Bagi bunda yg ingin asinya lancar bs deh dg CALSI asi booster minuman coklat,minum obat berasa coklat.info pemesanan di stokherbal.com

    BalasHapus
  2. Good info.
    Bagi bunda yg ingin asinya lancar bs deh dg CALSI asi booster minuman coklat,minum obat berasa coklat.info pemesanan di stokherbal.com

    BalasHapus